Senin, 01 Oktober 2012

Alkohol Dapat Menyebabkan Delirium



Anda termasuk gemar mengkonsumsi alkohol?  Jika benar,  sebaiknya WASPADA, karena alkohol dan obat obatan tertentu dapat memicu timbulnya delirium. Apa sajakah  gejala delirium itu menurut Dr Rasrinam SPS, delirium adalah suatu bentuk keadaan mental yang diatas normal. Bukan suatu penyakit, tapi kumpulan sejumlah gejala yang menunjukkan berbagai penurunan fungsi pada bagian mental. "berbagai bentuk dan keadaan yang dapat menyebabkan bisa delirium". berbagai gejala dapat menyebkanDelirium. Pada kasus yang ringan, sulit untuk dikenali. Prilaku seseorang yang mengalami gejala delirium bervariasi, hal ini hampir sama dengan seseorang yang mengalami mabuk berat. "Ciri utama orang yang mengalami delirium yaitu tidak dapat memusatkan suatu perhatian, mereka lebih memiliki kesulitan dalam mengelola informasi yang baru dan mereka tidak bisa mengingat suatu pristiwa yang baru saja terjadi".

Hampir semua penderita delirium mengalami gejala disorientasi waktu dan bingung dengan tempatmaupun keadaan mereka berada. Pikiran mereka tidak fokus dan kacau, sering mengigau, dan terjadinyainkoherensia. Pada contoh kasus yang berat, penderita yang mengalami delirium tidak bisa mengetahui diri mereka sendiri, paranoia, dan delusi. lebih jauh ia mengatakan, respon pada penderita delirium terhadap kesulitan yang dihadapinya berbeda beda diantaranya penderita sangat tenang dan menarik diri. Sedangkan diantara yang lainnya menjadi super hiperaktif dan mencoba untuk melawan alusinasi maupun delusi yang mereka alami. Apabila penyebabnya adalah obat-obatan, maka penderita dapat terjadi perubahan prilaku. "keracunan pada obat tidur dapat menyebabkan penderita menjadi sangat pendiam dan menarik diri". 

Selain alkohol  penyebab delirium bisa juga obat obatan, kadar elektrolit, garam, dan mineral (misalnyakalsium, natrium, magnesium) yang tidak normal akibat pengobatan. "dehidrasi, inveksi akut atau penyakit tertentu, dan  disertai demam". 

Keadaan ini paling sering terjadi pada usia lanjut dan penderita yang otaknya telah mengalami gangguan. Termasuk orang yang mengalami sakit berat, orang yang mengonsumsi obat yang menyebabkan perubahan pikiran atau prilaku, dan orang yang mengalami demensia. 


Penyakit ini tentunya bisa terjadi berjam jam, bisa berhari hari, bahkan dapat menjadi lebih lama lagi. Hal ini tergantung dengan beratnya gejala yang ditimbulkan terhadap lingkungan gejala medis si penderita. Delirium dapat bertambah parah apabila saat malam hari (fenomena ini biasa disebut dengan matahari tenggelam atau terbenam) dan jika pada akhirnya, penderita tersebut tidur gelisah dan dapat berkembang koma. "jika penyebab alkohol, maka sebaiknya di kasih benzodiazepin sampai agitasi pada penderita hilang. Ingat harus sesuai dengan resep dan petunjuk dokter.

Semoga informasi yang saya berikan dapat berguna buat para pembaca karakter online. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk memberi komentar..






Kata kunci : penyebab alkohol, akibat alkohol, dampak alkohol, efek alkohol, arti hidup sehat, bidang kesehatan, budaya hidup sehat, cara gaya hidup sehat, cara hidup sehat, contoh hidup sehat, diet sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat, ilmu kesehatan, info kesehatan, jurnal kesehatan, Kesehatan, makanan sehat, olahraga, pola hidup sehat, sehat alami, skripsi kesehatan, tips sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar