Senin, 22 Oktober 2012

13 Tewas dalam Serangan di Nigeria Utara


Yobe, Nigeria (ANTARA/Xinhua-OANA) - Militer Nigeria, Ahad (21/10), menyatakan sedikitnya 13 orang tewas dalam beberapa serangan yang dilancarkan dalam tiga hari di Potiskum, kota kecil bergolak di Negara Bagian Yobe di bagian timur-laut negeri tersebut.
Juru Bicara Satuan Tugas Khusus Gabungan Militer (JTF) Lt. Lazarus Eli memberitahu wartawan ke-13 orang itu meliputi dua polisi, seorang pensiunan polisi dan tiga anaknya, empat warga sipil, seorang pensiunan pegawai bea-cukai dan putranya, serta seorang tersangka anggota Boko Haram.
"Lima gerilyawan ditembak hingga tewas oleh personel militer dan mayat mereka dibawa pergi oleh anggota lain sekte tersebut," kata perwira militer itu. Ia mengkonfirmasi serangan tersebut dilancarkan oleh sekte Boko Haram di negara Afrika barat itu.
Banyak gerilyawan mungkin telah melakukan diri dengan luka tembak, ia menambahkan.
Lazarus menyatakan pasukan keamanan akan terus mencari mayat anggota sekte tersebut yang ditembak hingga tewas dalam baku-tembak sengit dengan militer, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin pagi.
Pada Jumat (19/10), beberapa sumber militer memberitahu Xinhua banyak orang dikhawatirkan tewas dalam baku-tembak pada malam hari antara pasukan keamanan dan gerilyawan Boko Haram di Yobe.
Gerilyawan dari sekte itu melancarkan perlawanan di Kota Maiduguri di bagian timur-laut Nigeria pada 2009, dan menyerang berbagai lembaga negara termausk penjara, kantor polisi dan sekolah.
Lebih dari 1.500 orang dilaporkan telah tewas sejak itu, baik dalam berbagai serangan atau bentrokan dengan pasukan keamanan lokal.(rr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar