Senin, 26 November 2012

Polri akan Tambah Pasukan ke Darfur


KONTEN TERKAIT

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menambah pasukan yang bertugas di Darfur, Sudan dalam rangka perdamaian PBB di negara yang sedang berkonflik tersebut.
"Inikan misi perdamaian yang kita laksanakan untuk UNAMID (United Nations-African Union Mission in Darfur) mulai tahun 2008 dan untuk 2013 nanti akan ada tambahan 150 personel," kata Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Timur Pradopo di Jakarta, Senin, seusai menerima 130 personel Polri usai bertugas di Darfur.
Polri segera menambah pasukan sebanyak 150 personel yang tergabung dalam Formed Police Unit (FPU) yang artinya bentuk kepercayaan yang memang harus disiapkan, katanya.
"Tugas ini artinya suatu bentuk kepercayaan yang memang harus kita siapkan lebih baik dalam misi perdamaian," kata Timur.
Sementara itu, sebanyak 140 personel Polri yang tergabung dalam FPU Indonesia 5 Garuda Bhayangkara 2012 dikirim ke Darfur, Sudan untuk misi perdamaian PBB tahun ini.
Pasukan dikirim dalam rangka perdamaian PBB di negara yang sedang berkonflik itu, menggantikan kontingen pasukan yang sebelumnya bertugas disana.
Pengiriman pasukan tersebut dilakukan untuk membantu mencegah meluasnya konflik bersenjata dan menciptakan perdamaian di Sudan Selatan pasca referendum di negara tersebut.
Sudan Selatan resmi merdeka pada 9 Juli 2011. Sudan Selatan resmi menjadi negara termuda di dunia setelah Ketua parlemen membacakan proklamasi kemerdekaan dalam upacara yang digelar di Juba.(rr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar